Our Blog

Mengapa Harus Tawadhu’ Sebagai Landasan Mencari Ilmu?

Mengapa Harus Tawadhu’ Sebagai Landasan Mencari Ilmu?

Sekolah Penghafal Quran SD, SMP, SMA di Bogor – Tawadhu’ berasal dari kata wadh’a yang dapat diartikan merendahkan, dan juga berasal dari kata ittadha’a dengan pengertian merendahkan diri. Jadi tawadhu’ adalah suatu sikap merendahkan dan menjauhi sikap sombong. Tawadhu’ merupakan hal yang penting untuk dimiliki para pencari ilmu karena sikap ini merupakan penghias bagi seorang murid yang sedang menuntut ilmu. Jika seorang murid jauh dari sifat tawadhu’ maka Sebagian besar dia akan merugi dan ilmunya tidak akan memberikan manfaat. Sayyid Abdulloh bin Alawi Al haddad di dalam kitabnya yang berjudul Risalatul Muawanah wal Mudhaharoh wal Muzaroah menjelaskan bahwa setidaknya ada lima ciri-ciri orang yang tawadhu’.

Diantaranya ialah lebih senang menjadi orang yang tidak terkenal, bersedia menerima kebenaran dari kalangan apapun, mencintai fakir miskin dan mau duduk bersama mereka, bersedia membantu kepentingan orang lain dengan sebaik mungkin, berterima kasih terhadap kebaikan orang lain, serta memaafkan mereka yang lalai dalam tugasnya. Sifat tawadhu’ inilah yang dikembangkan dalam kebanyakan sekolah penghafal quran SD, SMP, SMA di Bogor. Murid tidak hanya dibekali ilmu yang mengolah akal tetapi juga perilaku yang baik dan bermanfaat bagi perkembangan akhlaknya.

Banyak kita ketahui terkadang orang berilmu dijauhi karena kesombongannya. Ilmunya tidak membuat orang-orang di sekitarnya mendekat, tetapi justru menjauhinya. Dengan sikap tawadhu’ maka seseorang bukan hanya berilmu, tetapi juga berakhlak sehingga mampu membaur dan menarik bagi orang-orang di sekitarnya. Di dalam sebuah hadist riwayat Imam Muslim dijelaskan “tidaklah seseorang bertawadhu’ yang ditunjukkan semata-mata karena Allah SWT, melainkan Allah Azza wa Jalla akan mengangkat derajatnya.” Dengan sikap tawadhu’ diharapkan para pencari ilmu kelak akan diangkat derajatnya melalui ilmu yang dipelajarinya dan membuat ilmunya bermanfaaat.

Baca Juga: Peran Penting Pendidikan Islam dan Pondok Pesantren

Para pencari ilmu akan semakin mendekat dengan para pencari ilmu lain yang memiliki sikap tawadhu’. Hal berarti suatu jalan untuk memperdalam ilmu dengan saling berdiskusi dengan sesama pencari ilmu. Sikap tawadhu’ mampu menarik bagi orang lain sehingga ada rasa kesediaan dan keikhlasan untuk saling membantu. Dari hal yang telah disebutkan di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa tawadhu’ merupakan sikap yang amat sangat diperlukan bagi pencari ilmu yang kini dikembangkan di sekolah penghafal quran SD, SMP, SMA di Bogor.

Al Qur’an merupakan sumber hukum islam yang utama. Dekat dengan Al Qur’an maka dekat dengan sumber ilmu agama Islam itu sendiri. Maka tak ayal bahwa para penghafal Al Qur’an adalah orang-orang yang semakin dekat dengan ilmu. Maka merupakan hal yang penting untuk menumbuhkan sikap tawadhu’ di sekolah penghafal quran SD, SMP, SMA di Bogor. Sikap tawadhu’ merupakan ciri paling utama dalam pendidikan pondok pesantren. Jadi alangkah baiknya jika para penghafal qur’an juga berdomisili di pondok pesantren agar menumbuhkan sikap tawadhu’ sehingga diharapkan mampu menunjang dalam kemudahan proses menghafal Al Qur’an.

Al Basyir Islamic Boarding School Bogor adalah sebuah lembaga pendidikan Islam yang bernuansa Islam dengan penekanan pelajaran Al Qur’an dan hadist. Sebuah pondok pesantren yang mengedepankan hafalan Al Qur’an disertai dengan sikap budi pekerti yang islami. Mencetak generasi muda penghafal Al Qur’an yang mampu menghafal Al Qur’an dengan baik dan berakhlak mulia disertai kemampuan dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Hubungi kami sekarang juga jika terdapat beberapa pertanyaan seputar program-program yang terdapat pada Al Basyir Islamic Boarding School Bogor.

Post A Comment

Langganan

Kirim email dan dapatkan berita terbaru

AL-Basyir Islamic Building School Bogor, Lembaga Pendidikan yang bernuansa Islam dengan Penekanan Pelajaran Al-Quran & Hadist

Menu

2020 AL-Basyir Islamic Building School @ Copyright. All Right Reserved.